RESUME
Ditunjukan untuk memenuhi tugas mata kuliah
Bahasa Indonesia
Alham Irpani NIM. 13510003
Dosen Pengampu :
Muzaiyanah S.Pd
Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
IAIN RADEN FATAH PALEMBANG
2013
Keberagaman
yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan anugerah melimpah dari Tuhan Yang Maha
Esa. Negara kita adalah negara yang terbentang dari sabang sampai merauke.
Terdiri dari beribu pulau, beraneka ragam suku, adat dan budaya yang menjadi
satu bagian yaitu negara Indonesia. Setiap suku di negara Indonesia memiliki
kebudayaan yang beragam, dimana setiap suku mempunyai adat istiadat
berbeda-beda pula, termasuk cara bertutur (berbahasa).
Dengan
latar belakang keragaman itulah pada tanggal 28 Oktober 1928 masyarakat
Indonesia menyatukan kebinekaan dan menyamakan tekad kebahasaan nasional.
Termasuk dalam salah satu butir Sumpah Pemuda yang berbunyi, “Kami putra dan
putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Dengan
adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, hambatan komunikasi yang
disebabkan berbeda latar belakang sosial, budaya, dan bahasa daerah dapat
teratasi dengan bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia.
Fungsi Bahasa
Dalam Masyarakat:
1. Alat untuk
berkomunikasi dengan sesama manusia;
2. Alat untuk
bekerja sama dengan sesama manusia;
3. Alat untuk
mengidentifikasi diri.
Pembelajaran bahasa Indonesia tidak lepas dari belajar
membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Aktivitas menyimak dan membaca
merupakan awal dari setiap pembelajaran bahasa. Dengan menyimak dan membaca,
dapat menguatkan kemampuan mahasiswa untuk memahami
setiap maksud yang disampaikan oleh menutur baik dalam bentuk lisan dan/atau
tulisan. Mahasiswa dilatih mengingat, meneliti kata-kata istilah dan
memaknainya. Selain itu juga akan menemukan informasi yang belum diketahuinya.
Bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari
di perguruan tinggi, dikarenakan Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu,
karena di perguruan tinggi setiap mahasiswa berasal dari berbagai daerah di
Indonesia. Kemudian bahasa Indonesia sangat membantu dalam pembuatan makalah,
karya ilmiah, proposal, skripsi sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).
Yang terpenting dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar kita mampu bertata
bahasa dengan baik dan benar dan melestarikannya
Tujuan Mempelajari Bahasa Indonesia secara umum di perguruan tinggi untuk:
1. Menumbuhkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa
Indonesia;
2. Menjadi bahasa pemersatu dari berbagai
bahasa dari tiap daerah di Indonesia;
3. Kebanggaan terhadap bangsa
Indonesia;
4. Kesetiaan akan bahasa Indonesia;
5. Meningkatkan kesadaran akan adanya norma dalam berbahasa dan secara khusus bertujuan untuk terampil berbahasa Indonesia dengan baik
dan benar.
Adapun
aspek-aspek yang diperlukan dalam penguasaan bahasa
Indonesia
yang perlu kita pelajari di perguruan tinggi yaitu:
1. Fonologi: Ilmu yang
mempelajari tentang bunyi bahasa;
2. Morfologi: Ilmu yang
mempelajari tentang bentuk kata;
3. Sintaksis: Ilmu yang
mempelajari kaidah penyusunan kata;
4. Semantik: Ilmu yang
mempelajari makna kata.
Menurut
saya dengan menulis dan
berbicara, mahasiswa dapat merefleksikan hasil bacaan dan pengamatannya.
Kemampuan berbahasa ekspresif yang secara produktif dapat menghasilkan tuturan
bermakna dalam bentuk lisan dan tulisan sehingga difahami. Mahasiswa dapat mengaktualisasikan setiap realitas yang terlihat
dalam bentuk komunikasi dengan orang lain.
Untuk menopang semua itu, guru-guru serta dosen-dosen bahasa Indonesia
seyogyanya memotivasi siswa dan
mahasiswanya agar rajin membaca, salah satunya membaca surat kabar.
Dengan membaca surat kabar setiap hari, ilmu pengetahuan siswa dan mahasiswa akan bertambah. Tanpa
disadari sebenarnya mereka juga sedang belajar bahasa Indonesia. Dengan bekal
ilmu tersebut, anak
didik berhasrat menyampaikan
pendapatnya (mampu beropini) baik lisan atau tulisan. Selanjutnya, siswa dan mahasiswa pun mampu beropini melalui
surat kabar berani mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang logis dan santun.
Mahasiswa tidak boleh
menganggap mudah atau menyepelei mata kuliah bahasa Indonesia, tapi tunjukan
dengan mempelajari materi yang
menjadi bahasa keseharian kita dalam berkomunikasi mendapat nilai lebih dibanding
pelajaran-pelajaran lainya. Tapi yang disayangi pada zaman sekarang pelajaran
bahasa Indonesia memiliki nilai rata-rata lebih rendah jika dibandingkan dengan
mata pelajaran yang lain dikarenakan mata
pelajaran ini dianggap mudah dan sepele oleh sebagian mahasiswa
Melihat
persoalan di atas,tidak ada kata lain, kecuali menegaskan kembali pentingnya
pemakaian bahasa Indonesia dengan kaidah yang baik dan benar. Hal ini disamping
dapat dimulai dari diri sendiri, juga perlu didukung oleh pembelajaran bahasa
Indonesia di perguruan
tinggi.
Bahwa mata kuliah bahasa
Indonesia itu penting untuk dipelajari diperguruan tinggi, dikarenakan Bahasa
Indonesia merupakan bahasa pemersatu, karena di perguruan tinggi setiap
mahasiswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, MKDU bahasa
Indonesia sebagai panduan untuk penyusunan dan penggunaan tata bahasa yang baik
dan benar dalam komunikasi ilmiah (skripsi, tesis, disertasi, dll), selain itu
mempelajari MKDU bahasa Indonesia bagi mahasiswa di perguruan tinggi sama
halnya seperti mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA atau MAN,
namun pembahasan di perguruan tinggi lebih spesifik dan mendalam, dan sebagian
besar mahasiswa masih tetap ingin mempelajari bahasa Indonesia dikarenakan agar
mereka mampu bertata bahasa dengan baik dan benar, bahasa Indonesia-pun penting
untuk dilestarikan oleh penutur aslinya.
Diharapkan
resume ini dapat mengingatkan pembaca pada umumnya dan diri saya sendiri khususnya bahwa bahasa Indonesia perlu
dipelajari, karena dengan cara ini juga kita secara tidak langsung telah
melestarikan bahasa kita. Siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia
ini kalau bukan kita sebagai warga Indonesia itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar